Cara Mengatasi Laptop Lupa Password Paling Mudah - Miuiku

Cara Mengatasi Laptop Lupa Password Paling Mudah

Cara Mengatasi Laptop Lupa Password - Untuk melindungi data-data penting yang ada di laptop, salah satu cara yang bisa dilakukan yakni menguncinya dengan password. Di Windows sendiri sudah tersedia fitur pengunci terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk melindungi laptop dari tangan-tangan jahil. Selain sulit dibobol, mengatur password di Windows juga terbilang sangat mudah, bahkan Anda yang masih pemula pun bisa melakukannya.



Namun terkadang kita lupa dengan password yang sudah diatur pada laptop. Akibatnya, kita tidak bisa lagi mengakses laptop tersebut. Tenang saja, ada kok cara untuk mengatasi laptop yang lupa password tersebut. Caranya sangat mudah, Anda tidak memerlukan bantuan alat apapun untuk mengatasinya. Adapun cara mengatasi laptop lupa password paling ampuh dan mudah bisa anda simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Lupa Password Paling Mudah


Untuk mengatasi lupa password laptop setidaknya ada 3 cara yang bisa Anda terapkan. Cara ini terbilang yang paling mudah, namun ampuh untuk mengatasi lupa password tersebu. Adapun langkah-langkah mengatasi laptop yang lupa password selengkapnya, sebagai berikut:

1. Coba login ke Safe Mode

Safe mode umumnya digunakan untuk mendeteksi berbagai masalah yang terjadi pada perangkat laptop. Namun, Anda yang lupa dengan password laptop juga bisa memanfaatkan Safe Mode ini. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama Anda masuk ke Safe Mode. Caranya pastikan laptop dalam keadaan mati atau non-aktif, setelah itu coba hidupkan lagi laptopnya. Saat dalam kondisi booting, Anda buru-buru menekan tombol F8 sebelum laptop masuk ke Windows.
  • Nantinya Anda akan masuk ke tampilan Advanced Boot Options. Selanjutnya Anda arahkan pilihan ke menu Safe Mode, lalu tekan tombol Enter. Secara otomatis laptop akan menampilkan Safe Mode, sekarang Anda masuk ke opsi Administrator.
  • Setelah layar menampilkan Safe Mode sepenunya, selanjutnya Anda klik Start Menu lalu pilih Control Panel. 
  • Pada halaman Control Panel di Safe Mode tersebut Anda pilih User Account. 
  • Selanjutnya klik opsi Manage Another Account, kemudian pilih akun yang ingin Anda ubah passwordnya. Untuk mengubah password akun, Anda cukup klik opsi Change the Password. 
  • Anda akan diminta untuk memasukkan password yang baru. Ulangi password yang sama pada kolom konfirmasi password.
  • Jika sudah, sekarang lanjutkan dengan klik tombol Change Passowrd. 
  • Selesai.

Sekarang Anda sudah berhasil Anda ubah password laptop, selanjutnya lakukan Restart laptop. Saat laptop sudah menyala, sekarang Anda masukkan password baru yang dibuat tadi.

2. Login dengan akun Administrator

Cara ini bisa Anda terapkan jika sudah bisa masuk ke layar utama Windows, namun lupa dengan password yang digunakan. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda klik Start Menu, lalu pada kolom pencarian ketikkan perintah lusrmgr.msc dan tekan Enter. 
  • Secara otomatis layar akan menampilkan menu Local Users and Groups. Pada halaman tersebut Anda klik opsi User. 
  • Akan muncul list akun Windows. Pada akun yang lupa passwordnya, Anda lakukan klik kanan lalu pilih menu Set Password. 
  • Anda akan diminta untuk membuat password yang baru. Jika sudah, lanjutkan dengan klik OK.

3. Memanfaatkan Hiren’s Boot CD

Cara mengatasi laptop lupa password yang terakhir yakni dengan menggunakan Hiren’s Boot CD. Cara ini bisa dijadikan alternatif jika memang dua cara sebelumnya belum berhasil mengatasi masalah lupa password tersebut. Langkah-langkahnya selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda perlu mengunduh Software Hiren. Kemudian, lakukan burning Hiren ke dalam CD atau DVD. https://www.hirensbootcd.org/
  • Sekarang coba masukkan CD atau DVD yang berisi software Hiren tersebut ke CD Room laptop.
  • Restart laptop, lalu lakukan boot ke CD atau DVD tersebut. 
  • Anda tinggal mengikuti step by step yang ditampilkan oleh Hiren. 

Itulah tadi beberapa cara mengatasi laptop lupa password  yang paling ampuh dan mudah bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel